5 Museum Di Jakarta Yang Wajib Di Kunjungi


5 Museum Di Jakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi


5 museum di jakarta yang wajib dikunjungi


Assalamualaikum wr wb
siapa yang suka menjelajah museum ? Tos sama makchy nih juga suka.
Walau sebagai orang yang lahir dan besar di Tangerang tapi makchy suka berkunjung ke Museum-Museum di Jakarta Loh.

Masa pandemi membuat batasan itu terjun langsung ke Museum namun ketika rasa keingintahuan lebih tinggi, ibarat tak rotan akan pun jadi , alhasil makchy mengikuti Jelajah Museum lagi dengan suasana yang berbeda. Yupz, beberapa waktu lalu makchy dapat kesempatan untuk Jalan-Jalan Virtual Ke Museum bersama Komunitas ISB, Wisata Kreatif Jakarta dan Kinokuniya

Pengalaman Yang Tak Terlupakan


Yes, it's first time buat makchy ikutan jalan-jalan tapi virtual.. Seru banget loh , dipandu oleh kak Ira Latief sungguh perjalananan virtualnya makin asik, berasa bener-bener lagi di Jakarta. Asli jadi tau tempat-tempat hits pada jamannya.. Masya Allah sekali.

Doc. From Komunitas ISB


Jalan-jalan virtualnya bikin nagih, mba Ira juga saat menceritakan tentang museum-museumnya sangat ciamik. 

Jalan-Jalan Virtual ke Museum ? Kenapa tidak..Gaskeun gaes..😉

Nah ini dia 5 Museum di Jakarta yang wajib kamu ketahui.


1. Museum Sumpah Pemuda 


Museum Sumpah Pemuda terletak di Jl. Kramat Raya No.106, RT.2/RW.9, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat.



Kalau denger daerah kwitang pasti langsung inget tentang sebuah buku ya dan inget pula dengan salah satu adegan di Film AADC, hayo siapa yang tahu hehe.

Di Museum Sumpah Pemuda ini kita di ajak untuk mengetahui setiap perjuangan para pahlawan kita dalam mendirikan sumpah pemuda dengan jelas, ada patung pahlawan dan benda yang di gunakan pada masa itu. Jadi seperti berada di Masa nya.

2. Museum Joeang 45 

Museum Joeang 45, yang berada di 
Daerah Menteng ini. Yang dahulu kala selalu mama makchy ceritakan , bukunya tentang museum ini pun masih ada dirumah mama. 

Museum ini menyimpan banyak Koleksi tentang Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Baik Sejarah sebelum merdeka maupun masa sesudah merdeka.


Yang paling jadi icon nya adalah deretan mobil antik. Bukan sembarang mobil antik akan tetapi di antaranya adalah mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang dikenal dengan mobil REP 1 dan REP 2, dan Mobil Peristiwa Pemboman di Cikini. Selain itu ada pula koleksi foto-foto dokumentasi, lukisan dan diorama yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945-1950-an. Beberapa tokoh perjuangan ditampilkan pula dalam bentuk patung-patung dada.
(Dikutip dari Wikipedia.com) 

Lanjut ke 💻

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi 

Museum yang terletak di daerah menteng ini juga merupakan salah satu museum yang dulunya merupakan kediaman Laksamana Tadachi Maeda seorang Jendral berkebangsaan jepang.




Gedung Museum ini yang dibangun sebagai tentunya monument peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. 

Ruang-Ruang di dalam Museum ini ada kurang lebih 4 ruangan, yang masing-masing ruangan memiliki sejarah atau cerita masing-masing ya.

Yuk Melipir ke Kota Tua..


Masih di sekitaran Jakarta ada Museum yang paling banyak di kunjungi, yes bener banget ialah Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahillah. 

4. Museum Fatahillah

Ya, museum yang berada di sekitaran Kota Tua dengan gaya arsitektur yang klasik udah kebanyang gimana dulunya sejarah disini.. 

Dahulu sih katanya bangunan ini merupakan Balai Kota Batavia. Nama resmi dari Museum ini adalah Museum Sejarah Jakarta. 

Masuk museum ini tergolong murah ya, kayanya hampir masuk semua Museum di Jakarta cukup murah apalagi kalau menggunakan kartu pelajar bisa lebih hemat lagi. Hehe

Daya menarik dari Museum ini adalah ada nya seperti penjara bawah tanah gitu, pada saat makcy singgahi beuhh berasa hawa yang tak karuan. Akan selalu ada cerita yang *misterius* ya 😁

Abaikan, yuk mari kita jalan lagi Museum selanjutnya. 

5. Museum Bank Indonesia

Museum yang cucok banget buat fefotoan #eh , karena di belakang museum ini ada taman yang cukup luas dan ditumbuhi bunga dan tanaman yang bagus banget

Ada musholla yang juga bersih, toilet nya juga good.. 
Spot diluar ini cukup Instagramable kalau kata anak jaman now hihihi

Tampak Depan Museum Bank Indonesia


Next, Museum Bank Indonesia gaya bangunannya juga masih di dominasi dengan warna putih dan gaya klasik nya.. Di dalam Museum ini banyak informasi tentang perkembangan uang setiap jamannya. 

Nah inilah 5 museum nya jadi rekomendasi untuk kalian kunjungi nanti nya. Tapi sebenarnya banyak sekali ya museum di Jakarta.

Baiklah, makchy pamit.
Wassalamualaikum wr wb

#WisataKreatifISB
#IndonesiaMaju 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tempat Yang Wajib di Singgahi Saat Ke Verona, Italy

Interlac Probiotic : Solusi Tepat Atasi Kolik Pada Bayi

#MasakBarengMakchy Bikin Makanan Ala Restoran Jadi Super SatSet Dengan Fiesta Seafood