APLI Talk Show Day 2 : Pentingnya Halal Produk Dan Sertifikasi Syariah Dalam Direct Selling di Indonesia

 APLI TALKSHOW DAY 2


Assalamualaikum wr wb.

Jakarta, 8 Desember 2020.
Pagi itu hujan turun merata di setiap sudut kota namun tidak memudarkan hasrat untuk hadir di acara APLI Talk Show

Sepanjang perjalanan mulut itu tidak berhenti, dalam hati terus bergumam "jangan hujan dong, hujan nya nanti ya kl sudah sampai tempat acara" 

Alhamdulillah semuanya diberi kelancaran dan kemudahan, perjalanan dari Pamulang ke Gedung Nu Skin di Kuningan aman tanpa hambatan yang menyiksa semuanya bisa teratasi. Walaupun salah kostum 😁

Yes, I am Here again di APLI Talk Show hari kedua. Dengan semangat yang sama yang masih membara juga makchy siap menerima ilmu-ilmu yang isinya "daging" alias berbobot banget. Kembali tentunya bersama teman-teman Blogger IWITA

Untuk APLI Talk Show Day 2 ini dimulai hanya dengan satu sesi saja yaitu dari jam 10 Pagi sampe dengan jam 1 Siang. 

Sehabis sarapan acara APLI Talk Show Day 2 dimulai, di buka langsung oleh perwakilan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia atau di singkat dengan APLI yaitu Bapak Harry Menggala (maaf jika salah menuliskan nama ya 🙏)

Video lengkapnya bisa di check disini 👇



"Pentingkah Halal Produk Dan Sertifikasi Syariah Dalam Direct Selling di Indonesia?"
Topik ini merupakan tema pada hari selasa kemarin, dan tentunya dengan para narasumber yang luar biasa yaitu antara lain : 

  1. Bapak Dr. Moch. Bukhori Muslim, LC., MA. (Ketua Bidang Industri Bisnis dan Ekonomi Syariah DSN-MUI)
  2. Ibu Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes (selaku Deputi 3 Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM - RI Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan)
  3. Bpk. Koen Verheyen (Dewan Komisioner APLI)
  4. Ibu Ina Rachman (Moderator sekaligus Sekjen dari APLI)

Eflyer Acara 

Halal Produk Dalam Direct Selling di Indonesia 


Produk berlabel halal semakin dicari oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama umat muslim. Dengan adanya sertifikasi halal, berarti produk tersebut sudah melalui serangkaian tes dan uji coba yang ketat sehingga dipastikan mengandung bahan baku yang aman, terjamin dan berkualitas. Selain itu, diproduksi dengan cara halal dan beretika.”

Sewajarnya kita pun sebagai konsumen akan lebih aware dengan produk-produk halal, pastinya nih ketika kita membeli produk pasti yang di cari adalah label halalnya, ada gak yang sama kaya makchy ? Nah dengan begitu label halal menjadi patokan ukur keminatan seseorang dalam mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut. 

Pasti kalau tidak ada label halalnya, kita pun ragu untuk membelinya apalagi mengkonsumsinya.

Lalu, bagaimana dengan hukum halal produk-produk MLM ?

Seperti yang digunakan sehari-hari misalnya, sampo, sabun, deterjen, dan kosmetik?

Beberapa waktu terakhir banyak produk yang memberikan label halal dengan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Produk halal ini diartikan sebagai produk-produk yang dibuat dari bahan dan proses yang halal sesuai ketentuan Islam.

Di Indonesia mayoritas umat beragama Islam sebaiknya mengkonsumsi dan menggunakan produk yang halal. Hal ini tentunya sudah sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang meminta umat Islam untuk menjauhi segala sesuatu yang bersifat syubhat dan haram.

"Syubhat adalah segala sesuatu yang tidak jelas atau berada di antara halal dan haram."_wikipedia.com

Menurut Bapak Dr. Moch. Bukhori Muslim, LC., MA. yang menyatakan "Produk itu harus halal dan toyyiban, harus seimbang" 

Ibu Ina dan Bapak Bukhori


Sertifikasi Syariah Dalam Direct Selling di Indonesia 

Sertifikasi syariah ini memberikan keunggulan bagi bisnis MLM di antara perusahaan-perusahaan dalam industri direct selling itu sendiri.

Karena dengan adanya sertifikasi syariah memberikan rasa aman dan nyaman kepada para sales  maupun customer melalui peluang bisnis serta produk-produk yang sudah tersertifikasi halal. 

Sertifikasi syariah juga menjadi upaya untuk membentuk stigma atau pandangan negatif terhadap bisnis MLM atau direct selling yang antara lain terkait dengan kekeliruan pandangan mengenai skema piramida dan money game, serta mitos tentang passive income. 

Mengacu pada poin Fatwa no 75 Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) tahun 2009 mengenai MLM Syariah, antara lain disyaratkan beberapa poin berikut untuk bisa disebut sebagai perusahaan MLM yang syariah atau perusahaan Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). 

Dalam hal ini makchy melihat perlu adanya kesamaan visi dan misi serta persepsi bagi Ulama maupun Pemerintahan untuk memilah dan juga menginformasikan bahwa bisnis MLM yang sesuai peraturan perundang-undangan adalah Halal, sedangkan bisnis Money Game yang berkedok MLM adalah Haram. 

Peran BPOM Dalam Pengawasan Halal Produk


Dalam industri direct selling pun pengawasn produk halal perlu di lakukan.

Menurut Ibu Rita Endang selaku perwakilan dari BPOM , BPOM memiliki peranan penting dalam pengawasan halal produk antara lain sebagai berikut : 

1. Pengawasan Pre Market 

Pre Market yaitu pengawasan sebelum diedarkan untuk memastikan pemenuhan keamanan, mutu, gizi dan ketentuan label pangan olahan yang beredar melalui penyusunan standar, pemeriksaan sarana produksi/gudang importir 

Pengawasan Pre Market yakni izin pencatuman label halal pada pangan.

2. Pengawasan Post Market 

Pengawasan Post Market yaitu pengawasan sesudah diedarkan untuk pantauan konsisten keamanan, mutu, gizi dan ketentuan label pangan olahan yg berbeda melalui pengawasan sarana produksi dan sarana distribusi  antara lain :
  • Pengawasan kesesuaian label dengan yang di setujui ( Pencantuman logo label halal pada label produk & Pencantuman informasi bahan/kandungan atau proses tidak halal)
  • Pengawasan di sarana produksi 》 kesesuaian bahan baku, BTP, kemasan yang digunakan dan lain sebagainya.
  • Pengawasan di sarana distribusi 》 pemisahan pemyimpanan produk.
  • Sampling dan pengujian produk di peredaran.

Dijelaskan oleh Ibu Rita Endang


Jadi apakah penting halal produk dan sertifikasi syariah dalam direct selling ? Jawabannya adalah perlu sekali. 



"Karena segala sesuatu yang di akui akan lebih bisa di hargai" 

Makchy pamit, see you di #ReviewAlaMakchy APLI Talk Show Day 3.




Wassalamualaikum wr wb..

#apliindonesia
#asosiasipenjualanlangsungindonesia
#wfdsamember
#apliconvention
#aplitalkshow
#directselling
#multilevelmarketing
#penjualanlangsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tempat Yang Wajib di Singgahi Saat Ke Verona, Italy

Interlac Probiotic : Solusi Tepat Atasi Kolik Pada Bayi

#MasakBarengMakchy Bikin Makanan Ala Restoran Jadi Super SatSet Dengan Fiesta Seafood