ISI PIRINGKU

"ISI PIRINGKU"
PENGAJARAN PANGAN 
DAN 
EDUKASI GIZI DI PAUD INDRAPRASTA


Bali, 18 Oktober 2019

Assalamualaikum wr wb..
Welcome back to Ruang makchy 😉
Mau sedikit cerita beberapa waktu lalu makchy dan Sari Husada berkesempatan berkunjung ke salah satu Paud di daerah Kuta, yaitu Paud Indraprasta, saat kami tiba di sana kami disambut sangat luar biasa. Paud Indraprasta sendiri merupakan salah satu paud kemitraan Sari Husada dalam menerapkan edukasi gizi "Isi Piringku".
.
.
Ketika kami memasuki halaman Paud Indraprasta..wah luas sekali, ditambah dengan dekorasi sisi kanan kiri yang membuat tempat untuk berselfie ria hehehe, permainan yang lengkap, sanitasi yang bersih, dan juga disediakan tempat cuci tangan yang memadai di depan kelas masing-masing.. ehmm sangat lengkap..
.
.
Setelah itu kami berkumpul di sebuah aula yang besar , kami bercengkrama dengan para murid, guru, dan wali murid. Sambutan dari perwakilan Danone Indonesia Mba Lucy dan Mba Defanie perwakilan dari Mombassador SGM Eksplor, senam air bersama, lomba mewarnai, diskusi cantik, dan makan bersama menambah keseruan acara.. 
.
.
Sebelumnya berbicara tentang pangan dan gizi merupakan sesuatu yang wajib kita ketahui ya, pemenuhan gizi masyarakat menentukan tingkat kesehatan, intelektual, dan produktivitas suatu bangsa. Ternyata kekurangan gizi sangat menganggu dan akan melahirkan generasi bermasalah & tidak mampu bersaing. Sungguh ironis ya bahkan indeks stunting sudah mencapai 37% 😥 dengan demikian Sari Husada, Dinkes, Paud serta para orang tua berusaha untuk "melek" akan gizi. Bersama untuk itu berkomitmen menerapkan pesan gizi seimbang dalam penyajian makanan sekali makan.
.
.
Salah satu guru Paud Indraprasta menyampaikan edukasi tentang "Isi Piringku" , memperkenalkan konsep gizi seimbang bagi anak usia 4-6 tahun.



Komponen "Isi Piringku" 
Pembagian makanan yang sehat di Isi Piringku adalah sebagai berikut : 
        *1/3 Protein
        *2/3 Karbohidrat
        *1/2 Buah dan Sayur
Pemakaian gula, garam, dan lemak dalam mengolah makanan yang disajikan pada Isi Piringku harus dibatasi.
Aturannya : 
^ minum air putih sebelum, ketika atau setelah makan.
^ cuci tangan sebelum dan sesudah makan.
.
.
Nah beberapa poin inilah yang wajib kita implementasikan di kehidupan sehari-hari si kecil, menyiapkan sarapan dan bekal yang sesuai dengan pedoman isi piringku.
Anak murid Paud Indraprasta sangat antusias sekali, mereka sangat aktif dan mandiri ini juga mengasah salah satu potensi prestasi si kecil.

Isi piringku
                 Menu Makanan Isi Piringku

                    Agenda Mencuci Tangan
              Sebelum dan Sesudah Makan 


Asupan nutrisi si kecil memang harus kita perhatikan dengan baik, Lewat tangan ibu selayaknya menyiapkan Asupan nutrisi lengkap dan seimbang untuk si kecil agar daya tahan tubuh si kecil lebih baik untuk mendukung perkembangan, aktivitas, serta sosialisasi lingkungan dan teman sebayanya..
.
.
Jangan lupa sarapan dan pastikan juga bunda kebutuhan gizi si kecil berdasarkan kuantitas dengan memenuhi Angka Kecukupan Gizi (AKG) nya berdasarkan usia dan bantu lengkapi nutrisinya dengan 2 gelas susu per hari. Dan pastinya juga sesuai dengan panduan "Isi Piringku".

Ayo bunda mari kita siapkan panganan untuk si kecil sesuai dengan isi piringku ya.. kalau gak sekarang kapan lagi..😉

Makchy pamit, wassalamualaikum wr wb..
Sampai jumpa 🤗

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tempat Yang Wajib di Singgahi Saat Ke Verona, Italy

Interlac Probiotic : Solusi Tepat Atasi Kolik Pada Bayi

#MasakBarengMakchy Bikin Makanan Ala Restoran Jadi Super SatSet Dengan Fiesta Seafood